Senin, 08 Desember 2014

EVALUASI PENDIDIKAN LAPORAN HASIL WAWANCARA

EVALUASI PENDIDIKAN
LAPORAN HASIL WAWANCARA
Laporan ini disusun guna memenuhi tugas
Mata Kuliah : Evaluasi Pendidikan
Dosen Pengampu : Dra. Nur Rohmah, M. Ag




Disusun Oleh :
Nama  : Tri Pariyatun
NIM    : 09470111
NPK   : 15
                                                                       
                       
JURUSAN KEPENDIDIKAN ISLAM
FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA
YOGYAKARTA
2011/2012
PENDAHULUAN

          Pada dasarnya fungsi evaluasi di dalam pendidikan tidak dapat dilepaskan dari tujuan evaluasi itu sendiri. Sebagaimana dilihat dari hakikat evaluasi adalah suatu upaya untuk mengetahui ketercapaian tujuan-tujuan pendidikan. Suatu proses pendidikan yang dilaksanakan dalam suatu pendidikan tidak akan dapat diketahui hasilnya apabila guru tidak mampu melakukan pengukuran hasil belajarnya.
            Dengan dilakukannya pengukuran hasil belajar, guru akan mengetahui keberhasilan belajar peserta didiknya dan menjadi umpan balik bagi guru dan peserta didik dalam melaksanakan proses pembelajaran selanjutnya. Dalam hakikat evaluasi tersebut tersirat bahwa tujuan evaluasi ialah untuk mendapatkan data pembuktian yang akan menunjukkan sampai dimana tingkat kemampuan dan keberhasilan peserta didik dalam pencapaian tujuan-tujuan kurikuler.















PROFIL GURU


                        Nama                                      : Rini Dwi Andharia, S. Pd
                        Mengampu                             : Semua mata pelajaran
                        Kelas                                       : 3 (Tiga)
                        Pengalaman Mengajar         : 7 tahun 10 bulan
                        Sekolah                                   : SD Negeri Nyaen 2 Sleman
           






















HASIL WAWANCARA

  1. PERENCANAAN EVALUASI YANG DILAKUKAN GURU
Sebelum evaluasi hasil belajar dilaksanakan, guru harus menyusun lebih dahulu perencanaannya secara baik dan matang. Dengan perencanaa yang baik, diharapkan bahwa implementasi evaluasi akan berjalan lancar sesuai dengan tujuan. Perencanaan evaluasi yang dilakukan oleh guru tersebut meliputi:
1.      Merumuskan tujuan dilaksanakannya evaluasi. Perumusan tujuan evaluasi hasil belajar itu penting sekali, sebab tanpa tujuan yang jelas maka evaluasi hasil belajar akan berjalan tanpa arah dan pada gilirannya dapat mengakibatkan evaluasi menjadi kehilangan arti dan fungsinya.
2.      Menetapkan aspek-aspek yang akan dievaluasi; misalnya aspek kognitif, aspek afektif, dan aspek psikomotorik.
3.      Memilih dan menentukan teknik yang akan digunakan di dalam evaluasi, misalnya evaluasi tersebut akan dilaksanakan dengan teknik tes atau non tes.
4.      Menyusun alat-alat pengukur yang akan digunakan dalam pengukuran dan penilaian hasil belajar peserta didik. Seperti soal ahsil tes belajar menggunakan teknik tes.
5.      Menentukan tolok ukur, norma atau kriteria yang akan dijadikan pegangan atau patokan dalam memberikan interpretasi terhadap data hasil evaluasi.
6.      Menentukan frekuensi dari kegiatan evaluasi hasil belajar itu sendiri. Kapan dan berapa kali evaluasi hasil belajar itu dilaksanakan.

  1. MACAM-MACAM TEKNIK EVALUASI YANG DIGUNAKAN
Teknik evaluasi merupakan cara yang dilakukan dalam mengevaluasi hasil belajar. Teknik yang digunakan guru dalam pelaksanaan evaluasi ada dua, yaitu teknik tes dan non tes.
Teknik tes yang digunakan guru dalam pelaksanaan evaluasi ini berfungsi sebagai alat pengukur terhadap peserta didik. Dalam hal ini, tes berfungsi untuk mengukur tingkat perkembangan atau kemajuan yang telah dicapai oleh peserta didik setelah mereka menempuh proses belajar mengajar dalam jangka waktu tertentu.
Selain itu, sebagai program pengajaran, sebab melalui tes tersebut akan dapat diketahuisudah seberapa jauh program pengajaran yang telah ditentukan, telah dapat dicapai. Macam-macam teknik tes yang digunakan oleh guru dalam pelaksanaan evaluasi adalah:
1.      Tes Seleksi
Teknik tes ini dilaksanakan dalam rangka penerimaan calon siswa baru.
2.      Tes Awal
Tes ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana materi atau bahan pelajaran yang akan diajarkan telah dapat dikuasai oleh peserta didik.
3.      Tes Akhir
Tes akhir dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui apakah semua materi pelajaran yang tergolong penting sudah dapat dikuasai dengan sebaik-baiknya oleh peserta didik.
4.      Tes Formatif
Tes ini bertujuan untuk mengetahui sudah sejauh mana peserta didik ”telah terbentu”.
5.      Tes Sumatif
Tes ini dilaksanakan setelah sekumpulan satuan program pengajaran selesai diberikan.
Selain menggunakan teknik tes, guru juga menggunakan teknik non tes dalam pelaksanaan evaluasi hasil belajar. Dengan teknik non tes, penilaian atau evaluasi hasil belajar peserta didik dilakukan dengan tanpa ”menguji” peserta didik, yaitu:
1.      Pengamatan (Observasi)
Observasi dapat mengukur atau menilai hasil dan proses belajar; mislanya tingkah laku peserta didik pada waktu guru menyampaikan pelajaran di kelas.
2.      Wawancara
Dalam wawancara, guru disini mengajukan pertanyaan kepada orang tua siswa untuk mengetahui kondisi siswa di rumah.
3.      Pemeriksaan Dokumen
Dilakukan pada saat peserta didik diterima sebagai siswa di sekolah, dengan mengisi formulir tentang riwayat hidup.
  1. CONTOH SOAL YANG DIBUAT GURU DALAM MELAKSANAKAN EVALUASI
Mata Pelajaran          : Pendidikan Agama Islam
Kelas                           : III (Tiga)
Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b atau c jawaban yang benar pada lembar jawab yang tersedia!
1.      Tempat keluarnya huruf hijaiyah ....
a.   Tajwid                   b.   Mahraj                   c.   Harokat          
2.      Huruf Hijaiyah semuanya berjumlah ....
a.   27                          b.   26                          c.   30
3.      Huruf yang keluar dari pangkal tenggorokan adalah ....
a.                      b.                               c.  
4.      Harokat sebagai tanda bunyi UN adalah ....
a.   Fathatain               b.   Dammahtain          c.   Kasrahtain
5.      Huruf hijaiyah yang tidak dapat menyambung dengan huruf sesudahnya ada .... huruf
a.   5                            b.   8                            c.   6
6.      Huruf yang keluar dari dua bibir (Syafatain) adalah huruf ....
a.   و م ن                 b.  ن                 c.   ن
7.      Mahraban ditulis dengan bahasa arab adalah ....
a.   مزْﻫَبً                     b.   مَرْحَبًا                     c.   مَرْﻫَبً
8.      Sifat yang pasti ada pada Allah disebut ....
a.   Jaiz bagi Allah       b.   Wajib bagi Allah   c.   Mustahil bagi Allah
9.      Bahwa Allah pasti ada, arti dari sifat wajib bagi Allah ....
a.   Baqa’                     b.   Kalam                    c.   Wujud
10.  Sifat wajib bagi Allah jumlahnya ada ....
a.   20                          b.   13                          c.   10
11.  Qidam adalah sifat wajib bagi Allah yang artinya ....
a.   Maha Kuasa          b.   Ada                       c.   Terdahulu
12.  Allah berbeda dengan makhluknya arti dari sifat wajib bagi Allah ....
a.   Mukhalafatu lilhawadisi
b.   Qiyamuhu Binafsihi
c.   Wahdaniyah
13.  Bahwa Allah kekal abadi, tidak rusak dan tidak mati arti dari sifat wajib bagi Allah ....
a.   Adam                    b.   Baqa’                     c.   Basyar
14.  Percaya diri yang berlebih-lebihan akan menimbulkan sifat ....
a.   Tawaduk               b.   Ramah                   c.   Sombong
15.  Sifat-sifat yang sesuai dengan Al-Qur’an adalah sifat ....
a.   terpuji                    b.   tercela                    c.   terlena
16.  Hemat pangkal kaya rajin pangkal ....
a.   sehat                      b.   bodoh                    c.   Pandai
17.  Yakin terhadap kemampuan diri sendiri disebut ....
a.   percaya diri           b.   rendah diri             c.   rendah hati
18.  Rajin menabung adalah sifat ....
a.   boros                     b.   hemat                    c.   tekun
19.  Bersungguh-sungguh dalam belajar adalah termasuk sifat ....
a.   Tekun                    b.   Hemat                   c.   Percaya diri
20.  Menggunakan sesuatu secara berlebih-lebihan termasuk sifat ....
a.   malas                     b.   boros                     c.   sombong
21.  Allah SWT bebas berkehendak menciptakan sesuatu ataupun tidak menciptakan karena Allah memiliki sifat ....
a.   wajib                     b.   mustahil                 c.   jaiz
22.  Sebelum belajar kita harus ....
a.   bermain                 b.   makan                    c.   berdoa
23.  Allah Maha Pencipat alam semest, maka Allah disebut ....
a.   Khaliq                   b.   Adam                    c.   Makluk
24.  Semua ciptaan Allah SWT disebut ....
a.   adam                     b.   makluk                  c.   malik
25.  Sifat wajib bagi Allah ada ....
a.   10                          b.   15                          c.   20
26.  Takbiratulikhrom sambil membaca ....
a.   Allahu akbar
b.   Assalamu’alaikum
c.   Alhamdulillah
27.  اَللّٰه اَكْبَرُُ   kata disamping jumlah hurufnya ada ....
a.   6                            b.   8                            c.   7
28.  Allah SWT tidak senang kepada orang yang ....
a.   berlebihan              b.   bertahta                 c.   beriman
29.  Lafal yang dibaca hakimun adalah ....
a.   هَكِمٌ                        b.   حَكِمٌ                        c.   حَلِمٌ
30.  Berikut ini merupakan sifat-sifat terpuji, kecuali ….
a.   boros                     b.   hemat                    c.   Tekun belajar

            Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang benar pada lembar jawab yang tersedia!
31.  Tempat keluarnya huruf hijaiyah disebut ....
32.  Tanda baca ini ٌٌٌٌٌ menghasilkan bunyi ….
33.  Menulis hurif arab dimuali dari arah ....
34.  Qiyamuhu binafsihi adalah sifat wajib bagi Allah yang artinya ....
35.  Murid yang ingin pandai harus rajin ....
36.  Percaya terhadap kemampuan diri sendiri disebut sifat ....
37.  Rajin pangkal pandai hemat pangkal ....
38.  Anak yang memiliki sifat-sifat terpiji akan .... teman.
39.  Orang yang memiliki sifat-sifat terpuji hidupnya akan ....
40.  Manusia berusaha, namun semua ketentuan ada pada ....

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar pada lembar jawab yang tersedia!
41.  Sebutkan 4 (empat) Contoh perilaku terpuji!
42.  Sebutkan 4 (empat) sifat wajib bagi Allah SWT!
43.  Sebutkan 4 (empat) huruf hijaiyah yang tidak dapat disambung dengan huruf berikutnya!
44.  Sebutkan 4 (empat) tanda baca Al-Qur’an atau harokat!
45.  Tuliskan dengan huruf arab!
a.       JALISU
b.      KUTIBA
c.       ALIMA
d.      ILAHA

Soal MID Bahasa Indonesia Kelas III
1.      Anak-anak bermain gobak sodor di halaman kemarin sore.
Kalimat di atas jika diubah susunannya menjadi ....
a.   Bermain anak-anak gobag sodor kemarin sore di halaman.
b.   Anak-anak gobak sodor bermain kemarin sore di halaman.
c.   Anak-anak kemarin sore bermain gobak sodor di halaman.
2.      Anggota pramuka siaga adalah siswa SD kelas ....
a.   I dan II                  b.   III dan IV             c.   V dan VI
3.      (1) Doni mengisi formulir.
(2) Doni akan menabung di bank.
(3) Formulir, buku tabungan, dan uang diserahkan kepada petugas.
(4) Ia pergi ke kantor bank.
Urutan yang baik adalah ....
a.   3 – 4 – 1 – 2          b.   1 – 2 – 3 – 4          c.   2 – 4 – 1 – 3
4.      Tempat bermain di perkotaan sangat sempit.
Antonim kata sempit adalah ....
a.   luas                        b.   lebar                      c.   longgar
5.      Bu Susi guru kelas tiga. Ia sangat disukai anak-anak karena tidak pernah marah. Ketika ada anak yang berbuat salah, Bu Susi pun tidak marah.
Berdasarkan paragraf tersebut, watak Bu susi adalah ....
a.   sabar                      b.   sombong                c.   cerdas
6.      .... Kamu membeli sepeda baru?
Kata tanya yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ....
a.   Kemana                 b.   Bagaimana            c.   Di mana
7.      bersama – menjadi – lingkungan – jawab – keamanan – tanggung
Susunan kalimat di atas yang benar adalah ....
a.   Keamanan lingkungan menjadi tanggung jawab bersama.
b.   Keamanan menjadi tanggung jawab lingkungan bersama.
c.   Lingkungan bersama menjadi tanggung jawab keamanan.
8.      Alat yang digunakan untuk melihat kuman dan virus adalah ....
a.   teleskop                 b.   mikroskop             c.   stetoskop
9.      Suatu hari kakek berkunjung ke rumah kami naik delman. Delman ditarrik oleh seekor kuda. Delman itu dikendalikan oleh Pak Kusir yang berkumis.
Kakek        : ”Tolong, Pak Kusir, antarkan saya ke rumah cucu”
Kusir         : ”Oh, mari Kek! Sudah rindu cucu, ya?”
Kakek        : ”Ya, begitulah. Sekalian ingin naik delmannya Pak Kusir.”
Tokoh dalam percakapan di atas antara lain ....
a.   Kakek, kusir, dan kuda.
b.   Kakek dan kuda.
c.   Kakek dan kusir.
10.  Malas membaca akan merugikan kita. Kita akan menjadi bodoh. Akibatnya tidak naik kelas. Kita akan malu pada diri sendiri dan orang lain.
Pokok pikiran dari paragraf di atas adalah ....
a.   Malas membaca merugikan kita sendiri.
b.   Kita tidak naik kelas.
c.   Kita akan bodoh.
11.  Air itu mengandung racun.
Air itu berbahaya.
Gabungan kedua kalimat tersebut yang tepat adalah ....
a.   Air itu berbahaya sehingga mengandung racun.
b.   Air itu mengandung racun dan berbahaya.
c.   Air yang mengandung racun karena berbahaya.
12.  Penulisan tempat dan tanggal surat yang benar adalah ....
a.   Sleman 10 Desember 2010
b.   Sleman, 10 desember 2010
c.   Sleman, 10 Desember 2010
13.  Candi Borobudur sangat indah. Aku pergi ke sana pada waktu liburan sekolah. Bersama teman-teman di desa. Selama diperjlanan aku menyaksikan pemandangan yang indah. Persawahan, perkampungan, dan pegunungan tampak menyejukkan.
Jika melihat sesuatu yang menakjubkan seperti ilustrasi di atas, kita ucapkan....
a.   Wah, indahnya pemandangan Candi Borobudur itu!
b.   Bagaimana pemandangan Candi Borobudur itu?
c.   Ah, saya heran dengan pemandangan Caandi Borobudur itu.
14.  Penulisan kalimat di bawah ini yang benar adalah ....
a.   Pak Hendra guru Bahasa Indonesia.
b.   Pak Hendra guru bahasa Indonesia.
c.   Pak Hendra guru bahasa indonesia.
15.  Murid-murid mengumpulkan sumbangan.
Kata mengumpulkan berasal dari kata dasra ....
a.   ngumpul                b.   kumpulan              c.   kumpul
16.  Budi pulang sekolah pukul 2 siang.
Penulisan waktu yang teopat adalah ....
a.   Pukul 14.00           b.   Pukul 12.00           c.   Pukul 02.00
17.  Setiap orang memiliki pengalaman. Pengalaman itu tidak sama. Biasanya setiap orang ingin segera menyampaikan pengalamannya kepada orang lain, baik secara lisan maupun tertulis.
Ide pokok paragraf di atas terdapat pada kalimat ....
a.   ketiga                    b.   kedua                    c.   kesatu
18.  (1)  Angkatlah gagang telepon.
(2) Tunggu sampai nada pilih terdengar.
(3) Masukkan uang logam ke dalam logam yang tersedia.
(4) Tekanlah nomor yang hendak dihubungi.
Urutan di atas merupakan petunjuk penggunaan ....
a.   Wartel                   b.   Telepon umum      c.   Handpone
19.  Tempat pemberhentian kereta api disebut stasiun. Keadaan stasiun sangat ramai. Di stasiun banyak kereta api dengan jurusannya masing-masing.
Bagaimana keadaan stasiun?
Jawaban yang tepat adalah ....
a.   Tempat pemberhentian kereta api disebut stasiun.
b.   Di stasiun banyak kereta api.
c.   Keadaan stasiun sangat ramai.
20. Seorang pengemudi kendaraan menabrak nenek-nenek yang berjalan. Karena takut, dia melarikan diri dan meninggalkan nenek yang terjatuh tersebut. Akhirnya sang nenek di tolong oleh warga sekitar dan dibawa ke rumah sakit.
      Peristiwa paragraf di atas adalah ....
a.   penjambretan         b.   kecelakaan             c.   perampokan

Soal Ulangan Harian PAI Kelas III
1.      Apakah arti sifat wajib bagi Allah?
2.      Ada berapakah sifat wajib bagi Allah?
3.      Sebutkan 5 (lima) sifat wajib bagi Allah yang kamu ketahui!
4.      Apakah makna dari sifat wajib qiyammuhu binafsihi?
5.      Ada berapa rukun iman itu?

  1. KESULITAN YANG DIHADAPI GURU DALAM MELAKSANAKAN EVALUASI
Dalam pelaksanaan evaluasi hasil belajar, ada beberapa kesulitan yang dihadapi oleh guru. Kesulitan-kesulitan yang dihadapi guru tersebut meliputi:
1.   Dalam pelaksanaan evaluasi, kadang hasil evaluasi tidak memuaskan atau tidak mencapai KKM. Sehingga guru harus melakukan pengayaan dan remidiasi untuk memenuhi.
2.   Tidak adanya kerangka konseptual yang sesuai bagi evaluasi.
3.   Kurangnya ketepatan dalam perumusan tujuan dalam pendidikan.
4.   Kesulitan dalam pengukuran.

KESIMPULAN

            Pelaksanaan evaluasi hasil belajar harus mempunyai perencanaan yang baik. Karena dengan perencanaa yang baik, diharapkan bahwa implementasi evaluasi akan berjalan lancar sesuai dengan tujuan.
Teknik evaluasi merupakan cara yang dilakukan dalam mengevaluasi hasil belajar. Teknik yang digunakan guru dalam pelaksanaan evaluasi ada dua, yaitu teknik tes yang meliputi tes seleksi, tes awal, tes akhir, tes formatif, dan tes sumatif. Teknik non tes yang meliputi pengamatan (observasi) dan wawancara.
Dalam pelaksanaan evaluasi hasil belajar, guru mengalami beberapa kesulitan. Kesulitan-kesulitan yang dihadapi guru tersebut meliputi:
1.   Dalam pelaksanaan evaluasi, kadang hasil evaluasi tidak memuaskan atau tidak mencapai KKM. Sehingga guru harus melakukan pengayaan dan remidiasi untuk memenuhi.
2.   Tidak adanya kerangka konseptual yang sesuai bagi evaluasi.
3.   Kurangnya ketepatan dalam perumusan tujuan dalam pendidikan.
4.   Kesulitan dalam pengukuran.














SARAN

            Dari uraian hasil wawancara di atas, tidak ada kesenjangan antara teori evaluasi hasil belajar dengan prakteknya. Artinya dalam praktek evaluasi hasil belajar, seorang guru melaksanakan evaluasi sesuai dengan teori dalam buku. Serta teknik evaluasi yang digunakan, mengkolaborasikan antara teknik tes dan teknik non tes. Meskipun tidak semua teknik evaluasi tersebut di gunakan oleh guru. Mislanya dalam teknik non tes, guru hanya menggunakan teknik observasi, wawancara, dan pemeriksaan dokumen. Sedangkan angket tidak digunakan oleh guru dalam evaluasi tersebut. Oleh karena itu, guru lebih bervariasi dalam penggunaan teknik evaluasi tersebut.

            

Tidak ada komentar:

Posting Komentar