EVALUASI
PENDIDIKAN
LAPORAN
HASIL WAWANCARA
Laporan ini disusun guna memenuhi tugas
Mata Kuliah : Evaluasi Pendidikan
Dosen Pengampu : Dra. Nur Rohmah, M. Ag
Disusun Oleh :
NIM :
09470111
NPK :
15
JURUSAN
KEPENDIDIKAN ISLAM
FAKULTAS
TARBIYAH DAN KEGURUAN
UNIVERSITAS
ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA
YOGYAKARTA
2011/2012
PENDAHULUAN
Pada dasarnya fungsi
evaluasi di dalam pendidikan tidak dapat dilepaskan dari tujuan evaluasi itu
sendiri. Sebagaimana dilihat dari hakikat evaluasi adalah suatu upaya untuk
mengetahui ketercapaian tujuan-tujuan pendidikan. Suatu proses pendidikan yang
dilaksanakan dalam suatu pendidikan tidak akan dapat diketahui hasilnya apabila
guru tidak mampu melakukan pengukuran hasil belajarnya.
Dengan dilakukannya pengukuran hasil belajar, guru akan
mengetahui keberhasilan belajar peserta didiknya dan menjadi umpan balik bagi
guru dan peserta didik dalam melaksanakan proses pembelajaran selanjutnya.
Dalam hakikat evaluasi tersebut tersirat bahwa tujuan evaluasi ialah untuk
mendapatkan data pembuktian yang akan menunjukkan sampai dimana tingkat
kemampuan dan keberhasilan peserta didik dalam pencapaian tujuan-tujuan
kurikuler.
PROFIL
GURU
Nama :
Rini Dwi Andharia, S. Pd
Mengampu : Semua mata pelajaran
Kelas : 3 (Tiga)
Pengalaman Mengajar : 7 tahun 10 bulan
Sekolah : SD Negeri Nyaen 2 Sleman
HASIL
WAWANCARA
- PERENCANAAN
EVALUASI YANG DILAKUKAN GURU
Sebelum
evaluasi hasil belajar dilaksanakan, guru harus menyusun lebih dahulu
perencanaannya secara baik dan matang. Dengan perencanaa yang baik, diharapkan
bahwa implementasi evaluasi akan berjalan lancar sesuai dengan tujuan. Perencanaan
evaluasi yang dilakukan oleh guru tersebut meliputi:
1.
Merumuskan tujuan dilaksanakannya evaluasi.
Perumusan tujuan evaluasi hasil belajar itu penting sekali, sebab tanpa tujuan
yang jelas maka evaluasi hasil belajar akan berjalan tanpa arah dan pada
gilirannya dapat mengakibatkan evaluasi menjadi kehilangan arti dan fungsinya.
2.
Menetapkan aspek-aspek yang akan dievaluasi;
misalnya aspek kognitif, aspek afektif, dan aspek psikomotorik.
3.
Memilih dan menentukan teknik yang akan digunakan di
dalam evaluasi, misalnya evaluasi tersebut akan dilaksanakan dengan teknik tes
atau non tes.
4.
Menyusun alat-alat pengukur yang akan digunakan dalam
pengukuran dan penilaian hasil belajar peserta didik. Seperti soal ahsil tes
belajar menggunakan teknik tes.
5.
Menentukan tolok ukur, norma atau kriteria yang akan
dijadikan pegangan atau patokan dalam memberikan interpretasi terhadap data
hasil evaluasi.
6.
Menentukan frekuensi dari kegiatan evaluasi hasil
belajar itu sendiri. Kapan dan berapa kali evaluasi hasil belajar itu
dilaksanakan.
- MACAM-MACAM
TEKNIK EVALUASI YANG DIGUNAKAN
Teknik
evaluasi merupakan cara yang dilakukan dalam mengevaluasi hasil belajar. Teknik
yang digunakan guru dalam pelaksanaan evaluasi ada dua, yaitu teknik tes dan
non tes.
Teknik
tes yang digunakan guru dalam pelaksanaan evaluasi ini berfungsi sebagai alat
pengukur terhadap peserta didik. Dalam hal ini, tes berfungsi untuk mengukur
tingkat perkembangan atau kemajuan yang telah dicapai oleh peserta didik
setelah mereka menempuh proses belajar mengajar dalam jangka waktu tertentu.
Selain
itu, sebagai program pengajaran, sebab melalui tes tersebut akan dapat
diketahuisudah seberapa jauh program pengajaran yang telah ditentukan, telah
dapat dicapai. Macam-macam teknik tes yang digunakan oleh guru dalam
pelaksanaan evaluasi adalah:
1.
Tes Seleksi
Teknik
tes ini dilaksanakan dalam rangka penerimaan calon siswa baru.
2.
Tes Awal
Tes
ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana materi atau bahan
pelajaran yang akan diajarkan telah dapat dikuasai oleh peserta didik.
3.
Tes Akhir
Tes
akhir dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui apakah semua materi pelajaran
yang tergolong penting sudah dapat dikuasai dengan sebaik-baiknya oleh peserta
didik.
4.
Tes Formatif
Tes
ini bertujuan untuk mengetahui sudah sejauh mana peserta didik ”telah
terbentu”.
5.
Tes Sumatif
Tes
ini dilaksanakan setelah sekumpulan satuan program pengajaran selesai
diberikan.
Selain menggunakan teknik tes, guru juga menggunakan teknik non tes dalam
pelaksanaan evaluasi hasil belajar. Dengan teknik non tes, penilaian atau
evaluasi hasil belajar peserta didik dilakukan dengan tanpa ”menguji” peserta
didik, yaitu:
1.
Pengamatan (Observasi)
Observasi dapat mengukur atau menilai hasil dan proses belajar; mislanya
tingkah laku peserta didik pada waktu guru menyampaikan pelajaran di kelas.
2.
Wawancara
Dalam wawancara, guru disini mengajukan pertanyaan kepada orang tua siswa
untuk mengetahui kondisi siswa di rumah.
3.
Pemeriksaan Dokumen
Dilakukan pada saat peserta didik diterima sebagai siswa di sekolah,
dengan mengisi formulir tentang riwayat hidup.
- CONTOH
SOAL YANG DIBUAT GURU DALAM MELAKSANAKAN EVALUASI
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas :
III (Tiga)
Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b
atau c jawaban yang benar pada lembar jawab yang tersedia!
1.
Tempat keluarnya huruf hijaiyah ....
a. Tajwid b. Mahraj c. Harokat
2.
Huruf Hijaiyah semuanya berjumlah ....
a. 27 b. 26 c. 30
3.
Huruf yang keluar dari pangkal tenggorokan adalah
....
a. ﻫ b. ﻝ c. ﺭ
4.
Harokat sebagai tanda bunyi UN adalah ....
a. Fathatain b. Dammahtain c. Kasrahtain
5.
Huruf hijaiyah yang tidak dapat menyambung dengan
huruf sesudahnya ada .... huruf
a. 5 b. 8 c. 6
6.
Huruf yang keluar dari dua bibir (Syafatain) adalah
huruf ....
a. و
م ن b. ﺩ ﺫ ن c. ﺎ ن ﺕ
7.
Mahraban ditulis dengan bahasa arab adalah ....
a. مزْﻫَبً b. مَرْحَبًا c. مَرْﻫَبً
8.
Sifat yang pasti ada pada Allah disebut ....
a. Jaiz bagi Allah b. Wajib bagi Allah c. Mustahil
bagi Allah
9.
Bahwa Allah pasti ada, arti dari sifat wajib bagi
Allah ....
a. Baqa’ b. Kalam c. Wujud
10. Sifat wajib bagi
Allah jumlahnya ada ....
a. 20 b. 13 c. 10
11. Qidam adalah
sifat wajib bagi Allah yang artinya ....
a. Maha Kuasa b. Ada c. Terdahulu
12. Allah berbeda
dengan makhluknya arti dari sifat wajib bagi Allah ....
a. Mukhalafatu lilhawadisi
b. Qiyamuhu Binafsihi
c. Wahdaniyah
13. Bahwa Allah
kekal abadi, tidak rusak dan tidak mati arti dari sifat wajib bagi Allah ....
a. Adam b. Baqa’ c. Basyar
14. Percaya diri
yang berlebih-lebihan akan menimbulkan sifat ....
a. Tawaduk b. Ramah c. Sombong
15. Sifat-sifat yang
sesuai dengan Al-Qur’an adalah sifat ....
a. terpuji b. tercela c. terlena
16. Hemat pangkal
kaya rajin pangkal ....
a. sehat b. bodoh c. Pandai
17. Yakin terhadap
kemampuan diri sendiri disebut ....
a. percaya diri b. rendah diri c. rendah hati
18. Rajin menabung
adalah sifat ....
a. boros b. hemat c. tekun
19. Bersungguh-sungguh
dalam belajar adalah termasuk sifat ....
a. Tekun b. Hemat c. Percaya diri
20. Menggunakan
sesuatu secara berlebih-lebihan termasuk sifat ....
a. malas b. boros c. sombong
21. Allah SWT bebas
berkehendak menciptakan sesuatu ataupun tidak menciptakan karena Allah memiliki
sifat ....
a. wajib b. mustahil c. jaiz
22. Sebelum belajar
kita harus ....
a. bermain b. makan c. berdoa
23. Allah Maha
Pencipat alam semest, maka Allah disebut ....
a. Khaliq b. Adam c. Makluk
24. Semua ciptaan
Allah SWT disebut ....
a. adam b. makluk c. malik
25. Sifat wajib bagi
Allah ada ....
a. 10 b. 15 c. 20
26. Takbiratulikhrom
sambil membaca ....
a. Allahu akbar
b. Assalamu’alaikum
c. Alhamdulillah
27. اَللّٰه اَكْبَرُُ kata disamping jumlah hurufnya ada ....
a. 6 b. 8 c. 7
28. Allah SWT tidak
senang kepada orang yang ....
a. berlebihan b. bertahta c. beriman
29. Lafal yang dibaca hakimun adalah
....
a. هَكِمٌ b. حَكِمٌ c. حَلِمٌ
30. Berikut ini
merupakan sifat-sifat terpuji, kecuali
….
a. boros b. hemat c. Tekun belajar
Isilah
titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang benar pada lembar jawab yang
tersedia!
31. Tempat keluarnya
huruf hijaiyah disebut ....
32. Tanda baca ini
ٌٌٌٌٌ menghasilkan bunyi ….
33. Menulis hurif
arab dimuali dari arah ....
34. Qiyamuhu
binafsihi adalah sifat wajib bagi Allah yang artinya ....
35. Murid yang ingin
pandai harus rajin ....
36. Percaya terhadap
kemampuan diri sendiri disebut sifat ....
37. Rajin pangkal
pandai hemat pangkal ....
38. Anak yang
memiliki sifat-sifat terpiji akan .... teman.
39. Orang yang
memiliki sifat-sifat terpuji hidupnya akan ....
40. Manusia
berusaha, namun semua ketentuan ada pada ....
Jawablah
pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar pada lembar jawab yang
tersedia!
41. Sebutkan 4
(empat) Contoh perilaku terpuji!
42. Sebutkan 4
(empat) sifat wajib bagi Allah SWT!
43. Sebutkan 4
(empat) huruf hijaiyah yang tidak dapat disambung dengan huruf berikutnya!
44. Sebutkan 4
(empat) tanda baca Al-Qur’an atau harokat!
45. Tuliskan dengan
huruf arab!
a.
JALISU
b.
KUTIBA
c.
ALIMA
d.
ILAHA
Soal MID Bahasa Indonesia
Kelas III
1.
Anak-anak bermain gobak sodor di halaman kemarin
sore.
Kalimat
di atas jika diubah susunannya menjadi ....
a. Bermain anak-anak gobag sodor kemarin sore di
halaman.
b. Anak-anak gobak sodor bermain kemarin sore di
halaman.
c. Anak-anak kemarin sore bermain gobak sodor di
halaman.
2.
Anggota pramuka siaga adalah siswa SD kelas ....
a. I dan II b. III dan IV c. V dan VI
3.
(1) Doni mengisi formulir.
(2)
Doni akan menabung di bank.
(3)
Formulir, buku tabungan, dan uang diserahkan kepada petugas.
(4)
Ia pergi ke kantor bank.
Urutan
yang baik adalah ....
a. 3 – 4 – 1 – 2 b. 1 – 2 – 3 – 4 c. 2 – 4 – 1 – 3
4.
Tempat bermain di perkotaan sangat sempit.
Antonim
kata sempit adalah ....
a. luas b. lebar c. longgar
5.
Bu Susi guru kelas tiga. Ia sangat disukai anak-anak
karena tidak pernah marah. Ketika ada anak yang berbuat salah, Bu Susi pun
tidak marah.
Berdasarkan
paragraf tersebut, watak Bu susi adalah ....
a. sabar b. sombong c. cerdas
6.
.... Kamu membeli sepeda baru?
Kata
tanya yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ....
a. Kemana b. Bagaimana c. Di mana
7.
bersama – menjadi – lingkungan – jawab – keamanan –
tanggung
Susunan
kalimat di atas yang benar adalah ....
a. Keamanan lingkungan menjadi tanggung jawab
bersama.
b. Keamanan menjadi tanggung jawab lingkungan
bersama.
c. Lingkungan bersama menjadi tanggung jawab
keamanan.
8.
Alat yang digunakan untuk melihat kuman dan virus
adalah ....
a. teleskop b. mikroskop c. stetoskop
9.
Suatu hari kakek berkunjung ke rumah kami naik
delman. Delman ditarrik oleh seekor kuda. Delman itu dikendalikan oleh Pak
Kusir yang berkumis.
Kakek : ”Tolong, Pak Kusir, antarkan saya ke
rumah cucu”
Kusir : ”Oh, mari Kek! Sudah rindu cucu, ya?”
Kakek : ”Ya, begitulah. Sekalian ingin naik
delmannya Pak Kusir.”
Tokoh
dalam percakapan di atas antara lain ....
a. Kakek, kusir, dan kuda.
b. Kakek dan kuda.
c. Kakek dan kusir.
10. Malas membaca
akan merugikan kita. Kita akan menjadi bodoh. Akibatnya tidak naik kelas. Kita
akan malu pada diri sendiri dan orang lain.
Pokok
pikiran dari paragraf di atas adalah ....
a. Malas membaca merugikan kita sendiri.
b. Kita tidak naik kelas.
c. Kita akan bodoh.
11. Air itu
mengandung racun.
Air
itu berbahaya.
Gabungan
kedua kalimat tersebut yang tepat adalah ....
a. Air itu berbahaya sehingga mengandung racun.
b. Air itu mengandung racun dan berbahaya.
c. Air yang mengandung racun karena berbahaya.
12. Penulisan tempat
dan tanggal surat yang benar adalah ....
a. Sleman 10 Desember 2010
b. Sleman, 10 desember 2010
c. Sleman, 10 Desember 2010
13. Candi Borobudur
sangat indah. Aku pergi ke sana pada waktu liburan sekolah. Bersama teman-teman
di desa. Selama diperjlanan aku menyaksikan pemandangan yang indah. Persawahan,
perkampungan, dan pegunungan tampak menyejukkan.
Jika
melihat sesuatu yang menakjubkan seperti ilustrasi di atas, kita ucapkan....
a. Wah, indahnya pemandangan Candi Borobudur
itu!
b. Bagaimana pemandangan Candi Borobudur itu?
c. Ah, saya heran dengan pemandangan Caandi
Borobudur itu.
14. Penulisan
kalimat di bawah ini yang benar adalah ....
a. Pak Hendra guru Bahasa Indonesia.
b. Pak Hendra guru bahasa Indonesia.
c. Pak Hendra guru bahasa indonesia.
15. Murid-murid
mengumpulkan sumbangan.
Kata
mengumpulkan berasal dari kata dasra ....
a. ngumpul b. kumpulan c. kumpul
16. Budi pulang
sekolah pukul 2 siang.
Penulisan
waktu yang teopat adalah ....
a. Pukul 14.00 b. Pukul 12.00 c. Pukul 02.00
17. Setiap orang
memiliki pengalaman. Pengalaman itu tidak sama. Biasanya setiap orang ingin
segera menyampaikan pengalamannya kepada orang lain, baik secara lisan maupun
tertulis.
Ide
pokok paragraf di atas terdapat pada kalimat ....
a. ketiga b. kedua c. kesatu
18. (1) Angkatlah gagang telepon.
(2)
Tunggu sampai nada pilih terdengar.
(3)
Masukkan uang logam ke dalam logam yang tersedia.
(4)
Tekanlah nomor yang hendak dihubungi.
Urutan
di atas merupakan petunjuk penggunaan ....
a. Wartel b. Telepon umum c. Handpone
19. Tempat
pemberhentian kereta api disebut stasiun. Keadaan stasiun sangat ramai. Di
stasiun banyak kereta api dengan jurusannya masing-masing.
Bagaimana
keadaan stasiun?
Jawaban
yang tepat adalah ....
a. Tempat pemberhentian kereta api disebut
stasiun.
b. Di stasiun banyak kereta api.
c. Keadaan stasiun sangat ramai.
20. Seorang pengemudi kendaraan
menabrak nenek-nenek yang berjalan. Karena takut, dia melarikan diri dan
meninggalkan nenek yang terjatuh tersebut. Akhirnya sang nenek di tolong oleh
warga sekitar dan dibawa ke rumah sakit.
Peristiwa paragraf di atas
adalah ....
a. penjambretan b. kecelakaan c. perampokan
Soal
Ulangan Harian PAI Kelas III
1.
Apakah arti sifat wajib bagi Allah?
2.
Ada berapakah sifat wajib bagi Allah?
3.
Sebutkan 5 (lima) sifat wajib bagi Allah yang kamu
ketahui!
4.
Apakah makna dari sifat wajib qiyammuhu binafsihi?
5.
Ada berapa rukun iman itu?
- KESULITAN
YANG DIHADAPI GURU DALAM MELAKSANAKAN EVALUASI
Dalam
pelaksanaan evaluasi hasil belajar, ada beberapa kesulitan yang dihadapi oleh
guru. Kesulitan-kesulitan yang dihadapi guru tersebut meliputi:
1. Dalam pelaksanaan evaluasi,
kadang hasil evaluasi tidak memuaskan atau tidak mencapai KKM. Sehingga guru
harus melakukan pengayaan dan remidiasi untuk memenuhi.
2. Tidak adanya kerangka
konseptual yang sesuai bagi evaluasi.
3. Kurangnya ketepatan dalam perumusan
tujuan dalam pendidikan.
4. Kesulitan dalam pengukuran.
KESIMPULAN
Pelaksanaan
evaluasi hasil belajar harus mempunyai perencanaan yang baik. Karena dengan
perencanaa yang baik, diharapkan bahwa implementasi evaluasi akan berjalan
lancar sesuai dengan tujuan.
Teknik
evaluasi merupakan cara yang dilakukan dalam mengevaluasi hasil belajar. Teknik
yang digunakan guru dalam pelaksanaan evaluasi ada dua, yaitu teknik tes yang
meliputi tes seleksi, tes awal, tes akhir, tes formatif, dan tes sumatif. Teknik
non tes yang meliputi pengamatan (observasi) dan wawancara.
Dalam
pelaksanaan evaluasi hasil belajar, guru mengalami beberapa kesulitan.
Kesulitan-kesulitan yang dihadapi guru tersebut meliputi:
1. Dalam pelaksanaan evaluasi,
kadang hasil evaluasi tidak memuaskan atau tidak mencapai KKM. Sehingga guru
harus melakukan pengayaan dan remidiasi untuk memenuhi.
2. Tidak adanya kerangka
konseptual yang sesuai bagi evaluasi.
3. Kurangnya ketepatan dalam perumusan
tujuan dalam pendidikan.
4. Kesulitan dalam pengukuran.
SARAN
Dari uraian
hasil wawancara di atas, tidak ada kesenjangan antara teori evaluasi hasil
belajar dengan prakteknya. Artinya dalam praktek evaluasi hasil belajar,
seorang guru melaksanakan evaluasi sesuai dengan teori dalam buku. Serta teknik
evaluasi yang digunakan, mengkolaborasikan antara teknik tes dan teknik non
tes. Meskipun tidak semua teknik evaluasi tersebut di gunakan oleh guru.
Mislanya dalam teknik non tes, guru hanya menggunakan teknik observasi, wawancara,
dan pemeriksaan dokumen. Sedangkan angket tidak digunakan oleh guru dalam
evaluasi tersebut. Oleh karena itu, guru lebih bervariasi dalam penggunaan
teknik evaluasi tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar